Elemen terpenting kita bukan pada otak. Namun, pada apa yang menuntun otak kita-kepribadian, hati, kebaikan, dan ide-ide progresif-

Saturday, March 19, 2011

Virus Komputer


Komputer dan laptop bukanlah barang baru lagi bagi manusia. Alat ini telah menjadi bagian dalam kehidupan, karena dapat mempermudah aktivitas manusia. Seperti membuat dokumen, mengedit foto dan lainnya. Namun sering kali komputer mengalami gangguan yang diakibatkan oleh virus. Kerap kali kita dibuat pusing oleh virus yang menyerang komputer kita.
Sebenarnya, virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer bekerja dengan merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.
Saat ini, telah diketahui beberapa jenis virus yang dapat mengganggu komputer. Yaitu worm, Trojan, spyware, rogue, dan masih banyak lagi. Masing-masing virus komputer ini memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Misalnya worm yang melakukan duplikasi diri pada hardisk, sehingga hardisk penuh dengan worm. Lain halnya dengan Trojan yang melakukan pengambilan data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
Walau memiliki cara kerja yang berbeda, virus komputer bagaimanapun juga telah mengganggu kita dalam pengoprasian komputer. Untuk itu, diperlukan tindakan pencegahan dan penyembuhan terhadap virus. Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

0 comments:

Post a Comment

 
© 2011 Blog'e Bocah Gemblung | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog